.::Blog Tentang Ku dan Untuk Para Pencinta Design Grafis::.

Senin, 23 April 2012

GIMP | Software Design

GIMP

Pengembang
Tim Pengembangan GIMP
Rilis pertama
1995
Versi rilis terbaru
2.6.7 Agustus 14, 2009; 18 bulan yang lalu
Versi pratayang terbaru
2.7.0 / Agustus 16, 2009; 18 bulan yang lalu
Bahasa pemrograman
C
Platform
Unix-like, Mac OS X, Microsoft Windows
Bahasa
Multibahasa 
Status pengembangan
Aktif
Jenis
Raster graphics editor
Lisensi
Lisensi Publik Umum GNU
Situs web


      GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster.
      GIMP berjalan pada desktop GNOME dan dirilis dengan lisensi GNU General Public License. GIMP pada awalnya dikembangkan untuk desktop X11 yang berjalan di platform Unix. Namun saat ini piranti lunak ini sudah diporting ke beberapa platform sistem operasi yang lain yaitu MS Windows dan Mac OS.
           Grafik yang dihasilkan oleh GIMP disimpan dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jpg, gif, pdf, png, svg, tiff, dan masih banyak lagi yang lainnya.
GIMP menyediakan banyak sekali plugin yang memudahkan dalam mengolah gambar (image) dengan cepat.

Mengenal GIMP

       GIMP adalah akronim dari GNU Image Manipulaton Program yang dikembangkan dan didistribusikan secara gratis pada platform Linux. Program aplikasi pengolah bitmap dan digital imaging GIPM dapat dikatakan paling populer digunakan oleh pengguna komputer dengan sistem operasi ( sistem operasi) Linux. Program GIMP ditulis oleh Peter Mattis dan Spencer Kimball.  Versi GIMP pertama kali adalah 0.54 yang dikeluarkan pada tahun 1996.  GIMP digunakan oleh peminat dan praktisi desain grafis yang menggunakan sistem operasi Linux untuk mengolah dan memanipulasi gambar atau foto sesuai dengan kebutuhan kreatif. Program GIMP disediakan secara default hampir diseluruh distribusi Linux, mulai dari Slackware, Mandrake, Red Hat, Suse, dan sebagainya.  GIMP telah mengalami penyempurnaan dari versi sebelumnya, menjadi lebih mudah dalam mengoperasikannya. Salah satu contoh yaitu adanya perubahan ukuran kuas yang kini dibuat lebih fleksibel, dan adanya tambahan menu warna.

Fitur - Fitur GIMP

  • Fitur - Fitur yang dimiliki GIMP diantaranya :
  • Sebagai program untuk mewarnai.
  • program expert quality photo retouching.
  • an online batch processing system.
  • a mass production image renderer.
  • an image format converter.
  • dan masih banyak lagi.

Selain itu, GIMP juga menyediakan fasilitas ekspor/impor berkas Photoshop. Sehingga dapat menyunting berkas-berkas gambar yang sudah dibuat di Windows.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About